Cara membuat konten SEO yang baik

Sebelum anda membaca lebih jauh artikel Cara membuat konten SEO yang baik ini, perlu saya tegaskan di awal bahwa saya bukan ahli di bidang SEO (Search Engine Optimization). Tapi kebetulan saya pernah diberi kesempatan mengerjakan project SEO untuk beberapa company dan hasilnya cukup baik.

Ada banyak tehnik SEO yang bisa digunakan untuk menarik pengunjung ke halaman anda. Ada yang berbayar ada juga yang gratis. Ada yang menggunakan cara yang baik atau lebih dikenal dengan  istilah White Hat SEO dan ada juga yang menggunakan cara-cara yang tidak baik atau dikenal dengan istilah Black Hat SEO.

Konten adalah raja

Namun dari sekian banyak teknik SEO saya berpendapat bahwa sebaik-baiknya SEO adalah yang memiliki konten yang baik. Bahkan ada istilah yang umum di kalangan blogger bahwa konten adalah raja. Untuk itu pada kesempatan ini saya membatasi masalah ini hanya pada bagian membangun konten yang SEO friendly dimana dalam prakteknya saya menggunakan blog dari wordpress (wordpress.com) dan mesin pencari Google. Namun tehnik ini kurang lebih sama jika diimplementasikan pada blogspot, thumblr, CMS WordPress, Joomla dll.

Berikut ini step by step cara membuat konten SEO yang baik :

1. Tentukan Fokus keyword

Hal paling awal yang perlu diperhatikan adalah menentukan fokus keyword yang akan digunakan. Contoh kasus : Saya menjual produk berupa jasa perbaikan komputer di wilayah Jakarta, maka dari produk tersebut kita bisa mengira-ngira keyword apa yang digunakan orang lain untuk mencari produk jasa tersebut. Disini saya memilih fokus keyword “Jasa service komputer di Jakarta“.

2. Letakkan fokus keyword pada judul artikel

Setelah menentukan fokus keyword, anda harus memasukkan fokus keyword tersebut ke dalam judul artikel yang akan dibuat. Misalnya judul artikel saya; “Jasa service komputer di Jakarta“. Anda bisa juga memodifikasi judul artikel anda dengan menyisipkan kata lain di awal atau di akhir fokus keyword, seperti; “Jasa service komputer di Jakarta murah dan cepat” atau “24 Jam jasa service komputer di Jakarta tanpa tunggu”.

3. Judul artikel jangan terlalu panjang atau sebaliknya

Saat orang lain melakukan pencarian pada mesin google, maka google akan merespon dengan menyajikan daftar hasil pencarian. Jika judul artikel anda terlalu panjang maka judul tersebut akan dipotong oleh mesin google, alhasil apa yang anda tulis pada judul artikel tidak tersampaikan dengan sempurna. Maka sebaiknya buatlah judul artikel yang tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek. Ukuran idealnya sekitar 30 sampai 70 karakter.

3. Letakkan fokus keyword pada link URL artikel

Selain pada judul artikel, fokus keyword juga harus anda masukkan dalam link URL artikel tersebut. Misalnya : “http://domain-saya.com/jasa-service-komputer-di-jakarta“. Mesin google lebih menyukai url yang terstruktur dan mudah dipahami dari pada membaca url yg berupa angka/ nomor.

4. Letakkan fokus keyword pada paragraf pertama artikel

Jika artikel anda tidak memiliki meta description, maka google secara otomatis akan membaca paragraf pertama sebagai meta description. Jadi sebaiknya anda meletakkan fokus keyword anda dalam paragraf pertama artikel. Contoh;

Apakah saat ini anda membutuhkan jasa service komputer di jakarta dengan harga yang murah dan cepat? kunjungi service center terdekat kami dst….

5. Buatlah Heading/ Subheading yang mengandung fokus keyword

Ada perbedaan pendapat, apakah heading atau subheading berpengaruh terhadap SEO. Saya pribadi berpendapat bahwa heading atau subheading bisa membantu mesin pencari menentukan inti topik pembahasan dari artikel anda, apalagi jika artikelnya cukup panjang. Mungkin artikel Why Using Subheadings Is A Good Idea bisa sedikit memberi pencerahan.

6. Buatlah tautan internal

Tautan intenal adalah tautan yang mengarah ke halaman lain yang masih dalam situs yang sama dengan sumber tautan. Buatlah satu atau dua buah tatuan internal pada artikel anda, karena itu akan sangat membantu mesin pencari memahami hirarki informasi yang ada pada situs anda.

7. Sisipkan gambar dan informasi gambar tersebut

Image publishing guidelines yang dirilis oleh google menjelaskan bahwa pencarian gambar sama halnya seperti pencarian web. Tujuannya untuk memberikan hasil pencarian yang relevan sesuai keinginan penggunanya.

Oleh karena itu penting kiranya anda memasukkan gambar yang relevan dengan topik artikel anda, selain itu anda juga perlu memasukkan informasi lengkap terkait gambar tersebut dalam alternative text maupun nama file gambar tersebut.

8. Tulislah artikel yang berkualitas

Buatlah artikel dengan bahasa yang lugas, berkualitas dan mudah dimengerti, Direkomendasikan mengandung paling sedikit 300 kata, lebih banyak lebih baik. Sebaiknya anda tidak mengulangi fokus keyword anda terlalu sering.

===

Demikian, semoga bisa membantu anda membangun konten yang baik untuk keperluan SEO anda. Salam Sukses.

Iklan

2 pemikiran pada “Cara membuat konten SEO yang baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s