#seribelajar Inkscape #02 : Pengenalan area kerja Inkscape

Sebelum lebih jauh mempelajari teknik desain menggunakan Inkscape, mari kita mengenal lebih dekat area kerja atau antarmuka aplikasi Inkscape. Dengan begitu akan mempermudah dalam mengikuti tahap berikutnya dalam #seribelajar Inkscape ini.

area-kerja-inkscape
Area kerja Inkscape – #seribelajar Inkscape

Gambar diatas merupakan area kerja yang akan tampil ketika anda membuka aplikasi Inkscape. Akan saya jelaskan fungsi kerja dari tiap-tiap area dibawah:

  1. Menu Bar
  2. Commands Bar
  3. Tool Controls Bar
  4. Snap Controls Bar
  5. Page
  6. Rulers, Guides dan Grids
  7. Toolbox
  8. Color Palette
  9. Status Bar
  10. Canvas

Anda dapat merubah ukuran icon pada Toolbox, Controls Bar dan Commands Bar melalui menu File > Inkscape Prefences kemudian pilih opsi Interface.

Seperti aplikasi pada umumnya, Inkscape juga memiliki Menu yang berisi fungsi-fungsi penting untuk pengaturan aplikasi itu sendiri dan fungsi terkait dengan grafis yang akan dibuat.

Menu Bar di Inkscape
Menu Bar di Inkscape

Commands Bar

Commands Bar terletak dibagian atas area kerja Inkscape tepatnya di bawah Menu Bar. Command Bar ini berisi shortcut dari beberapa fungsi penting yang akan sering digunaan di Menu Bar.

Commands-Bar-Inkscape
Commands Bar di Inkscape

Tool Controls Bar

Tool Controls Bar berada tepat di bawah Commands Bar. berisi opsi-opsi yang lebih mendetail dari tool yang dipilih di Toolbox. Opsi pada Tool Control Bar tersebut baru akan aktif setelah anda mengaktifkan atau memilih salah satu dari tools yang ada di Toolbox.

Tool Controls Bar di Inkscape
Tool Controls Bar di Inkscape

Snap Controls Bar

Snap Controls Bar menyediakan pilihan kondisi kapan snapping akan dilakukan. Snapping sendiri adalah refleksitas memberikan hentakan atau atau pemberitahuan atau juga arahan ketika sebuah objek berada pada posisi sesuai kondisi yang dipilih. Snapping sangat membantu mempermudah  kita mengatur posisi sebuah objek.

Page

Page mendefinisikan batas-batas dari sebuah dokumen yang ditujukan untuk keperluan media tertentu (print, export, dll), namun Page tidak membatasi gambar SVG sebenarnya. Anda bisa memilih ukuran Page atau bahkan menghilangkan garis batas Page di Document Properties.

Rulers, Guides dan Grids

Ruler, Guide dan Grids merupakan garis bantu yang terdiri dari garis vertikal dan garis horizontal atau keduanya. Rulers tampak seperti penggaris yang terletak di atas dan di samping kiri Canvas. Ketika kursor mouse diletakkan di Canvas maka akan muncul dua buah segitiga yang menunjukkan letak koordinat Y dan X-nya. Guides adalah sebuah garis yang memudahkan mengatur tata letak objek. Untuk membuat Guides cukup melakukan klik & drag dari Rulers ke dalam kanvas.

Toolbox

Pada Toolbox terdapat icon-icon yang merupakan icon dasar dalam membuat objek di Inkscape. Ketika anda memilih salah satu icon tools di Toolbox maka Tools Controls Bar akan aktif.

Color Palette

Di bagian bawah area kerja Inkscape terdapat kotak-kotak kecil berwarna-warni yang merupakan shortcut untuk menerapkan suatu warna ke sebuah objek.

Iklan

Satu pemikiran pada “#seribelajar Inkscape #02 : Pengenalan area kerja Inkscape

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s